RPP Gelombang Cahaya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Fisika Sekolah I Kelas B


 Oleh:
Maria Ulfa Cahyani       110210102054



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                       :SMP Sumpah Pemuda
Kelas/Semester          : VIII/2
Mata Pelajaran          : IPA
Standar Kompetensi
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
Indikator :
Kognitif
1. Produk :
1.    Mendefinisikan pengertian cahaya
2.    Menyebutkan sifat-sifat cahaya
3.    Menjelaskan hukum pemantulan cahaya
4.    Menjelaskan jenis-jenis pemantulan cahaya
5.    Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada cermin datar, cekung, dan cembung.
6.    Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus
7.    Mendefinisikan pengertian pembiasan cahaya
8.    Menjelaskan pembiasan cahaya pada lensa cekung dan cembung

2.    Proses :
1.    Menghitung perbesaran bayangan pada cermin dan lensa.
2.    Menghitung kekuatan lensa.
3.    Merumuskan hubungan jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus pada cermin dan lensa.
4.    Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
5.    Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung


3.    Afektif :
Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

4.    Psikomotor :
Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.        Menjelaskan pengertian cahaya dan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari 
2.        Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada cermin dengan menggambar.
3.        Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui demonstrasi.
4.        Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin   datar, cermin cekung, dan cermin cembung dengan gambar.
5.        Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada cermin dengan perhitungan
6.        Menjelaskan hukum pembiasan melalui metode demontrasi.
7.        Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung dengan menggambar.
8.        Menjelaskan pembiasan pada kaca plan paralel melalui metode ceramah.
9.        Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada lensa dengan perhitungan.
10.     Menghitung perbesaran bayangan pada cermin dan lensa dari perhitungan.
11.     Menghitung kekuatan lensa dengan perhitungan.

B.   Materi Pembelajaran
Pemantulan dan Pembiasan

C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                 -  Cooperative Learning
             2.  Metode : -  ceramah
- demonstrasi
- tanya jawab
- eksperimen
               
D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi
-       Mengapa benda dapat terlihat di tempat yang terang?
·       Prasyarat pengetahuan
-       Apakah syarat agar benda dapat dilihat oleh mata?
-       Apakah yang dimaksud cahaya?
-        

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F  Menjelaskan pengertian cahaya
F  Menjelaskan sifat-sifat cahaya
F  Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada cermin
F  Menjelaskan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin   datar, cermin cekung, dan cermin cembung..
F  Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada cermin.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memfasilitasi peserta didik dengan modul.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembiasan cahaya dengan menunjukkan contoh dari kehidupan sekitar.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat-sifat cahaya dari contoh yang didemonstrasikan
F   Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sinar-sinar istimewa pada cermin.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pembetukan bayangan dan sifat bayangan pada cermin datar, cekung dan cembung.
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah yang diberikan dengan maju di depan kelas.
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah tentang perhitungan.
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F  Guru memberi contoh soal dan penyelesaiannya.

PERTEMUAN KEDUA
                 a. Kegiatan Pendahuluan
1.         Motivasi dan Apersepsi:
-   Mengapa pada spion mobil, obyek lebih dekat daripada bayangan yang              terlihat?
·         Prasyarat pengetahuan:
       -   Apakah yang dimaksud dengan pemantulan?
 -   Sebutkan sifat-sifat bayangan pada cermin datar.
·         Pra eksperimen:
     -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

            b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan hukum pembiasan cahaya
F  Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung.
F  Menjelaskan pembiasan pada kaca plan paralel.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memfasilitasi peserta didik dengan modul.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembiasan cahaya
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan proses pembetukan bayangan dan sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung.
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah yang diberikan dengan maju di depan kelas.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembiasan pada kaca plan paralel.
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F  Guru memberi contoh soal dan penyelesaiannya.

                                                             PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-     Mengapa jika sebatang pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air,           pensil akan terlihat bengkok?

·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Sebutkan tiga sinar istimewa pada cermin cekung.
                    -   Apakah manfaat cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari?
·         Pra eksperimen:
   -   Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada lensa.
F  Menjelaskan cara perhitungan perbesaran bayangan pada cermin dan lensa.
F  Menjelaskan cara perhitungan kekuatan lensa.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memfasilitasi peserta didik dengan modul.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perbesaran bayangan.
F  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung yang disampaikan oleh guru.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F  Guru memberi contoh soal dan penyelesaiannya.

E. Sumber Belajar
  a. Lembar Kerja Siswa (LKS)
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan demonstrasi
        d. Papantulis dan spidol  


Comments

Popular Posts