RPP Gelombang Cahaya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Fisika Sekolah I Kelas B
Oleh:
Maria Ulfa Cahyani 110210102054
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :SMP Sumpah
Pemuda
Kelas/Semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Standar
Kompetensi
Memahami konsep dan
penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan
hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
Indikator :
Kognitif
1. Produk :
1.
Mendefinisikan pengertian cahaya
2.
Menyebutkan sifat-sifat
cahaya
3. Menjelaskan hukum pemantulan cahaya
4. Menjelaskan jenis-jenis pemantulan cahaya
5. Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada cermin datar, cekung, dan cembung.
6. Menjelaskan hubungan antara jarak benda, jarak
bayangan, dan jarak fokus
7. Mendefinisikan pengertian pembiasan
cahaya
8. Menjelaskan pembiasan cahaya pada lensa cekung dan
cembung
2. Proses :
1.
Menghitung perbesaran bayangan pada cermin dan lensa.
2.
Menghitung kekuatan lensa.
3.
Merumuskan hubungan jarak benda,
jarak bayangan dan jarak fokus pada cermin dan lensa.
4. Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung
dan cermin cembung.
5.
Mendeskripsikan proses pembentukan dan
sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
3. Afektif :
Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.
Psikomotor :
Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian cahaya dan sifat-sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menjelaskan
sinar-sinar istimewa pada cermin dengan menggambar.
3.
Menjelaskan
hukum pemantulan yang diperoleh melalui demonstrasi.
4.
Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung dengan
gambar.
5.
Menjelaskan
hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada cermin dengan
perhitungan
6.
Menjelaskan
hukum pembiasan melalui metode demontrasi.
7.
Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung dengan
menggambar.
8.
Menjelaskan pembiasan pada kaca plan paralel
melalui metode ceramah.
9.
Menjelaskan
hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada lensa dengan perhitungan.
10. Menghitung perbesaran bayangan pada
cermin dan lensa dari perhitungan.
11. Menghitung kekuatan lensa dengan
perhitungan.
B.
Materi Pembelajaran
Pemantulan dan Pembiasan
C. Metode
Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - ceramah
-
demonstrasi
-
tanya jawab
-
eksperimen
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi
- Mengapa
benda dapat terlihat di tempat yang terang?
·
Prasyarat pengetahuan
- Apakah
syarat agar benda dapat dilihat oleh mata?
- Apakah
yang dimaksud cahaya?
-
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F Menjelaskan pengertian cahaya
F Menjelaskan sifat-sifat cahaya
F Menjelaskan sinar-sinar istimewa pada cermin
F Menjelaskan
proses pembentukan dan
sifat-sifat bayangan pada cermin datar,
cermin cekung, dan cermin cembung..
F Menjelaskan hubungan antara jarak
benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada cermin.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik dengan
modul.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pembiasan cahaya dengan menunjukkan contoh dari
kehidupan sekitar.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan sifat-sifat cahaya dari contoh yang didemonstrasikan
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan sinar-sinar istimewa pada cermin.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan proses pembetukan bayangan dan sifat bayangan pada cermin
datar, cekung dan cembung.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah yang diberikan dengan maju di
depan kelas.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah tentang perhitungan.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
F Guru memberi contoh soal dan
penyelesaiannya.
PERTEMUAN KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa
pada spion mobil, obyek lebih dekat daripada bayangan yang terlihat?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan
pemantulan?
- Sebutkan sifat-sifat bayangan pada cermin
datar.
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan hukum pembiasan cahaya
F Mendeskripsikan proses pembentukan dan
sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung.
F Menjelaskan
pembiasan pada kaca plan paralel.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik dengan
modul.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pembiasan cahaya
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan proses pembetukan bayangan dan sifat bayangan pada
lensa cekung dan lensa cembung.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah yang diberikan dengan maju di
depan kelas.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pembiasan pada kaca plan paralel.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
F Guru memberi contoh soal dan
penyelesaiannya.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa
jika sebatang pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air, pensil akan terlihat bengkok?
·
Prasyarat pengetahuan:
- Sebutkan tiga sinar istimewa pada cermin
cekung.
- Apakah manfaat cermin cembung
dalam kehidupan sehari-hari?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan hubungan antara jarak
benda, jarak bayangan, dan jarak fokus pada lensa.
F Menjelaskan cara
perhitungan perbesaran bayangan pada
cermin dan lensa.
F Menjelaskan cara
perhitungan kekuatan lensa.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik dengan
modul.
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah.
F Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru mengenai hubungan antara jarak benda, jarak bayangan, dan jarak
fokus.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian perbesaran bayangan.
F Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung yang disampaikan oleh
guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
F Guru memberi contoh soal dan
penyelesaiannya.
E. Sumber
Belajar
a. Lembar Kerja Siswa (LKS)
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan demonstrasi
d.
Papantulis dan
spidol
Comments