TIPS TOEFL LISTENING COMPREHENSION

KUNCI UMUM
Kunci 1 : Pahamilah bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sebelum hari- H ujian.
Kunci 2 : Baca pilihan-pilihan jawaban pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narrator sedang membacakan directions dan contoh soal (example)
Kunci 3 : Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang sedang Anda dengarkan.
Kunci 4 : Maksimalkan kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing part.
Kunci 5 : Fokuskan pendengaran Anda pada pembicara kedua.
Kunci 6 : Jangan panik bila tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
Kunci 7 : Bila Anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang diucapkan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang telah Anda dengar.
Kunci 8 : Pahamilah bentuk-bentuk functional expression (agreement, uncertainty, suggestion, surprise), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
LONGER CONVERSATION
Kunci 9 : Ketika narrator membacakan direction part B anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian mrekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
Kunci 10 : ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui apa tema/topic yang dibicarakan
Kunci 11 : waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
Kunci 12 : Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.
Kunci 13 : Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
Kunci 14 : Waspadailah pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topic bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
Kunci 15 : Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-wh (what, who, when, where, why) dan how.

Kunci 16 : buatlah kesiompulan\inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
PENTING!!!”
(PELAJARI EXPRESI-EXPRESI BERIKUT)
• Turned out well : sangat baik
• Watch your step : hati-hati
• Take it easy : santai aja
• That’s it : ya itu / beres
• You’ve got to be kidding : menyatakan keterkejutan
• Make one’s own mind : berpikir sendiri
• Stand on one’s own foot : mandiri


 sumber: https://alamanahservice.wordpress.com

Comments

Popular Posts